Sabtu, 26 Februari 2011

MANFAAT BLOG BAGI ORGANISASI SERIKAT BURUH

Latar belakang
Sekarang ini Internet bukanlah hal yang asing bagi masyarakat umum,mulai meningkatnya pengguna internet di Indonsia, ditambah dengan mudahnya para pengguna internet melakukan akses internet dibanyak tempat seperti: warnet,hp, maupun modem wirless atau semacamnya. Membuat media internet sebagai suatu kebutuhan tersendiri, media pemahaman yang semakin mudah dan terjangkau ini membuat internet semakin banyak disukai sebagai hiburan, pengetahuan,bahkan ladang pencari uang. Di Indonesia sendiri pengguna internet sudah lebih dari 150 juta orang. Internet mulai merambah disemua kalangan baik muda,tua ,anak2 semua sudah mulai terbiasa menggunakan internet.

Dengan melihat kelebihan diatas ,tentunya sangat disayangkan apabila manfaat yang mungkin tercipta disia-siakan. Khususnya bagi organisasi serikat buruh berbagai manfaat bisa kita ciptakan disana,seperti mudahnya menyampaikan informasi,pembelajaran/pendidikan ,serta kegiatan usaha.

Media yang disebut sebagai Weblog atau Blog merupakan jawaban bagi organisasi serikat buruh. Blog sangat praktis, tidak diperlukan waktu yang lama untuk mempelajari penggunaan media ini biaya yang dibutuhkan pun tidak banyak, banyak penyedia blog yang tidak mengenakan biaya apapun kepada penggunanya seperti blogspot, multiply blog friendster dan masih banyak lagi, hanya dalam hitungan jari pengguna sudah dapat memiliki alamat website sendiri dan dapat mengisi konten didalamnya dengan antarmuka grafis yang mirip dengan microsof word.

Pengertian blog
Blog sebetulnya hanya merupakan salah satu bentuk website, yang juga dapat dilihat dengan menggunakan web browser pada umumnya. Awalnya blog hanya akan menjadi sebuah tren, namun akhirnya berkembang menjadi sebuah budaya tersendiri dikalangan pengguna internet.budaya untuk menuliskan berbagai catatan di internet untuk diperlihatkan kepada public ternyata disukai oleh banyak anak muda bahkan orang tua.selain banyak yang bersifat gratis, umumnya operasional blog cukup mudah , berbagai fasilitas yang disediakan seperti mudahnya menulis di dalam blog, menambahkan foto, video atau semacamnya tanpa harus mengetahui bahasa pemrograman internet sedikitpun menjadikan blog sebagai sarana yang tepat menjembatani komunikasi antara pemilik blog dan pengunjung.

Manfaat blog bagi serikat buruh
Manfaat blog bagi serikat buruh seperti :
1. Mudahnya menyampaikan informasi seperti: agenda pertemuan, kasus yang sedang terjadi,penyelesaian kasus, situasi nasional,survey nasional,kegiatan amal dan banyak lagi. Bagi anggota khususnya anggota yang berada di luar kota.
2. Mudahnya mengembangkan dana dan usaha sehingga menambah pemasukan bagi organisasi buruh tersebut.
3. Meminimalisasi biaya dan tenaga.
4. Mudahnya memberikan pendidikan hukum, seperti contoh2 soal dan kasus yang terjadi sehingga anggota mengetahui apa yang harus dilakukan apabila terjadi kasus pada dirinya.
5. Mudahnya anggota memberikan masukan,pendapat komentar dan juga kritik yang dapat membangun organisasi.
6. Pusat informasi yang benar sehingga anggota tidak salah langkah dalam mengambil setiap asumsi dan tindakan. Dsg.

Adapun kerugian yang mungkin terjadi apabila SB memiliki blog seperti:
1. Semakin malasnya anggota hadir dalam setiap pertemuan karena mudahnya informasi yang didapat dari blog tersebut.
2. Rencana/informasi yang seharusnya tidak diketahui oleh pihak lain(perusahaan).

Manfaat blog bagi divisi-divisi serikat buruh
Blog sangat berhubungan dan bermanfaat bagi tiap-tiap divisi organisasi menciptakan suatu koordinasi yang baik, kegiatan organisasi berjalan dengan lancer dan terencana.
Manfaat blog bagi divisi-divisi serikat buruh seperti:

1. Divisi Bendahara : tempat yang tepat untuk memberikan laporan keuangan yang berkala sehingga transparasi keuangan organisasi lebih mudah dipantau oleh anggota.(melalui email yang akan diberikan ke tiap anggota atau dpc)
2. Divisi Pendidikan : tempat yang tepat untuk memberikan pendidikan tentang sejarah serikat buruh,perkembangan buruh dan pentingnya buruh berserikat.
3. Divisi Advokasi : tempat yang tepat untuk memberikan contoh-contoh soal kasus dan penyelesainya terutama kasus yang pernah terjadi agar anggota lebih mudah menanganinya.agar lebih cepat diproses dan tepat penangananya.
4. Divisi dana dan usaha : tempat yang cocok dalam melakukan promosi dan contoh barang yang bisa dijual dan menghasilkan bagi organisasi. Lebih cepat dan meminimalisi biaya.
5. Divisi Data dan informasi: tempat yang tepat menyampaikan informasi,data anggota, agenda pertemuan, situasi nasional,dan kegiatan/agenda rutin bulanan lainya sehingga program kerja lebih tersusun dan diketahui setiap anggotanya.
6. Divisi pengembangan organisasi : tempat yang tepat untuk menyampaikan pentingnya berorganisasi,semangat berorganisasi dan hak-hak buruh,dan sisi lain berorganisasi seperti kebersamaan,kepedulian,kesenangan,kegiatan amal,dll. Sehingga banyak yang tergugah hatinya dan tidak takut lagi berserikat .menciptakan sesuatu kepedulian bersama dan menciptakan suatu kaderisasi dan regenerasi yang bermanfaat bagi organisasi,perusahaan dan Negara.

Mengoptimalisasi kegunaan blog
Blog tidak akan berguna apabila tidak dimanfaatkan dengan baik dan benar. Cara mengoptimalisasi blog adalah sebagai berikut:
1. mempromasikan blog seperti: mencantumkannya di ID CARD anggota,selebaran,atau bulletin, atau dibahas setiap ada pertemuan sehingga anggota mengetahui manfaat dan kegunaan blog.
2. tampilan blog yang baik,konsep yang tepat dan memudahkan anggota dalam mengakses setiap informasi pada blog tersebut.sehingga anggota akan betah dan sering berkunjung ke blog tersebut.
3. memantau(update) terus apa saja perkembangan terbaru seperti apa komentar anggota, keadaan anggota atau DPC, masalah yang baru saja dishare(dituangkan) dalam blog tersebut sehingga akan terjadi kesinambungan manfaat, anggota pun akan merasa terbantu dan lebih sering berkunjung ke blog tersebut.

Karena itulah blog sangat dianjurkan bagi perkembangan organisasi, blog akan membuat organisasi SB sangat dimudahkan dan dapat meminimalisasi tenaga dan biaya. Membuat anggota SB lebih dapat mengenal organisasinya dengan baik, menciptakan semangat perjuangan bersama yang komplek dan berkesinambungan. Terutama untuk anggota yang berkesulitan menghadiri berbagai pertemuan dikarnakan kendaraan, biaya dan letaknya yang sangat jauh(luar kota). Dan memberikan kesan serikat buruh yang modern,pintar dan berkualitas.karena semua permasalahan, kemajuan dan keberhasilan ada karena komunikasi yang baik dan berkesinambungan.semoga kita bisa bersama memanfaatkan kemajuan teknologi dengan semangat kebersamaan.



Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. Luar Biasa memang, saat ini lebih mudah mendapatkan informasi dari dunia internet. informasi dalam genggaman

    BalasHapus