Sabtu, 26 Februari 2011

CARA MENJALANKAN SERIKAT

> Mekanisme rapat
Rapat dapat kita atur menjadi dua bagian yaitu rapat yang dilakukan pengurus pusat dengan cabang yang berguna agar masing-masing pengurus baik di pusat maupun cabangdapat mengeluarakan pendapatnya,melakukan evaluasi kerja masing-masing,menginformasikan hal-hal yang terjadi dari masing-masing cabang yang bersifat penting dan ada hubungannya dengan serikat buruh/pekerja,mengambil keputusan dan langkah selanjutnya yang akan dilakukan serta merespon dengan cepat hal-hal yang belum terselesaikan ditingkatan cabang maupun pusat dan sifatnya sangat penting. Juga rapat yang dilakukan khusus pengurus pusat yang berguna untuk mengevaluasi pekerjaan pengurus pusat,merespon dengan cepat terhadap pekerjaan yang belum selesai yang sifatnya penting khusus ditingkatan pusat.
> Menyusun tak-tik dan strategi
Dalam menyusun tak-tik dan strategi di dalam serikat terlebih dahulu harus melihat kondisi serikat yang ada dan bagaimana tak-tik itu dapat diterima oleh anggota. Kita harus mempunyai strategi sendiri untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tak-tik dan strategi yang kita buat harus dibuat secara matang agar seluruh anggota yang menerima tidak merasa bingung dan kita dapat memperhitungkan dampak baik dan buruk yang akan terjadi. Kita juga harus dapat melihat dan memperhitungkan kondisi-kondisi yang terjadi di luar.

> Mempunyai uang kas yang baik untuk jalannya serikat
Sebagai anggota sudah sebuah kewajiban untuk membayar uang kas tiap bulannya. Serikat tidak dapat berjalan jika tidak mempunyai uang kas. Karena uang kas sangat berguna untuk menjalankan program-progrm kerja dan kegiatan-kegiatan organisasi yang telah dibuat bukan untuk kepentingan pribadi anggota dan pengurus. Oleh sebab itu pengurus yang bertanggung jawab memegang uang kas ini harus memberikan laporan keuangan setiap bulannya agar para anggota dan pengurus yang lainnya mengetahui keadaan uang kas dengan real dan tidak terjadi saling curiga.
> Kompak
Suksesnya program yang dijalankan harus ada kekompakan baik antar sesama pengurus maupun terhadap anggota. Kita harus memandang dan memperlakukan setiap orang secara sama tanpa memandang jenis kelamin,suku,agama,ras dan aliran politik. Harus dapat menyatukan berbagai perbedaan pandangan antar sesama pengurus maupun anggota dengan pengurus. Memiliki pandangan dan pemahan yang sama terhadap suatu permasalahan dan mempunyai maksud dan tujuan yang sama dalam menjalankan organisasi.

> Memberikan atau membuat bulletin.
Tujuannya adalah upaya untuk menyediakan berbagai informasi yang akurat dan diperlukan oleh anggota baik itu mengenai ketenagakerjaan,perkembangan organisasi maupun kondisi di perusahaan. Sehingga seluruh anggota baik yang aktif maupun pasif dapat mengetahui informasi tentang serikat dan kondisi serikat saat ini serta menambah wawasan luar.
> Mengevaluasi program
Dari evaluasi ini kita dapat mengetahui sejauh mana program ini dihasilkan dan sejauh mana kinerja para pengurus baik yang ada di pusat maupun cabang sehingga kita dapat melakukan pembenahan-pembenahan secara cepat dan tepat. Dari program ini juga kita dapat mengetahui sejauh mana kepedulian anggota terhadap serikatnya.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar